Rabu, 07 November 2012

10 Cara Agar Blog Lebih Menarik Pemasang Iklan

10 Cara Agar Blog Lebih Menarik Pemasang Iklan

Banyak cara untuk mencari sesuap nasi lewat dunia maya. Mulai dari membuat situs online mini, situs reseller penjual ebook, mendirikan jasa pembuat blog dll. Tapi salah satu cara mungkin yang paling murah dan mudah penanganannya adalah membuat blog dan mengembangkan blog tersebut menjadi spot spot iklan.

Bagi seorang yang ingin mulai belajar mendulang dollar, bisa menggunakan fasilitas layanan iklan PPC. Komisi Anda dibayar berdasarkan klik yang dihasilkan. Tentunya sudah banyak yang tahu PPC ini, dan Google Adsense, bidvertiser serta Biindit, salah3 program PPC terkenal.
Tapi bagi mereka yang ingin lebih mengoptimalkan spot blognya, bisa juga menawarkan langsung kepada pemasang iklan untuk berpromosi di blognya. Berikut ini 10 cara yang saya dapat dari hasil Googling...

1. Tunjukkan Pada Pengunjung Statistik Blog.
Perlihatkan jumlah pengunjung blog perharinya. Bisa mencantumkan data Alexa dan Google PageRank (dua ini yang terpenting). Bisa juga memperlihatkan jumlah readers feedburner. Pasang juga widget 'visitor counter' dan 'online visitor'.
2. Perlihatkan Siapa Siapa Pengunjung Blog Anda.
Pengunjung blog ada banyak dan bervariasi. Ada wanita, pria dewasa, maupun anak. Tunjukkan pada pengunjung status visitor blog. Bagaimana cara memperolehnya? Ya, bisa melalui cara Polling pertanyaan atau membuat form guest. Ini dapat membuat Advertiser mudah menentukan iklan yang akan dipasang.
3. Buatlah Konten Sesuai Topik.
Bagaimana perasaan jika Anda meminta nasi, malah diberikan batu. Marah bukan? Jadi buatlah konten yang bermanfaat dan sesuai topik.
4. Tata Letak yang Profesional.
Blog yang elegan namun terkesan profesional, seperti layaknya masuk ke apartemen mewah dengan panorama pemandangan yang menyejukkan mata. Advertiser tidak akan lagi takut merogoh koceknya untuk beriklan.
5. Jangan Gunakan Adsense.
Sebenarnya Anda lebih mementingkan PPC atau Advertiser? Mungkin ini agak aneh, ada orang yang melarang memasang Adsense. Tapi coba pikir perasaan para Advertiser Anda. Mereka tentunya ingin di nomor satukan. Saya bukan berarti melarang untuk memasang Adsense, tapi tanyalah pada diri sendiri dulu. Serius pada Adsense atau Advertiser?
6. Miliki Halaman Khusus About Us.
Tidak ada satupun orang yang mau bekerjasama dengan orang tak dikenal. Jadi, cantumkan identitas Anda, riwayat blog Anda dan tentu saja alamat email atau nomor telepon Anda.
7. Miliki Juga Halaman Term of Service.
Advertiser juga perlu mendapat pemahaman yang jelas tentang beriklan. Ini dimaksudkan agar tidak terjadinya kesalahpahaman di waktu mendatang.
8. Konsisten dan Tepat Waktu.
Anda menginginkan para Advertiser setuju dan memahami aturan yang sudah Anda buat bukan. Para Advertiser pun juga menuntut Anda untuk konsisten mengurus iklan iklan mereka.
9. Berikan Bonus Pada Advertiser.
Terserah bonus apapun itu kreasi Anda. Bisa berupa bonus ebook atau bonus spot iklan untuk awal mendaftar.
10. Pastikan Iklan Bersangkutan Dengan Konten.
Yak, iklan musti ada hubungannya dengan konten. Blog kuliner tapi iklannya tentang sports. Wah, pengunjung langsung hilang selera.
11. Rajin Update
tentu saja bukan hanya membuat pemasang iklan yang bakal lari. Tapi pengunjung pun takkan betah main ke blog Anda.

Bagaimana? Inilah tips yang saya sudah dapat selama ini. Jadi mari kita praktekkan sama sama. Thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar