Kamis, 09 Mei 2013

Mengenal Virus Komputer



VIRUS KOMPUTER
             

Kadang kita mendengar beberapa istilah yang berhubungan dengan virus komputer, tapi kita mengalami kesulitan untuk membedakan satu dengan yang lainnya. Worm, Trojan, Malware, dan spyware mungkin sudah akrab di telinga kita. Berikut ini penjelasan mengenai virus komputer tersebut :
1.     MALWARE
      Malware atau malicious code (malcode) adalah singkatan dari malicious software. Malware merupakan kode atau program yang dirancag khusus untuk merusak, mengganggu, mencuri, atau secara umum menimbulkan beberapa keburukan dan tindakan aksi illegal terhadap data, host,atau jaringan.
      Malware memiliki banyak cara untuk menginfeksi sistem dan menyebarkan diri mereka sendiri. Malware dapat menginfeksi sistem dengan cara membundel dirinya dengan program lain atau dilampirkan sebagai macro ke file. Sementara yang lainnya di Instal dengan cara mengeksploitasi celah keamanan dalam suatu sistem operasi (OS), perangkat jaringan,atau perangkat lunak lain,seperti sebuah lubang pada browser yang hanya membutuhkan user mengunjungi suatu website untuk menginfeksi computer mereka mereka. Sebagian besar malware terinstal melalui beberapa tindakan dari user,seperti menklik sebuah lampiran e-mail atau men-download file dari internet.
Beberpa jenis malware yang terkenal yaitu virus, worm, Trojan, dan spyware. Kerusakan dari malware bervariasi, mulai dari penayangan iklan popup browser, pencurian informasi rahasia atau kartu kredit, penghancuran data, bahkan sampai penonaktifan sistem jaringan.
2.    VIRUS
            Virus computer adalah salah satu program kecil yang dapat menginfeksi program lain dengan cara memodifikasi mereka sehingga memiliki sifat yang sama dengan virus tersebut. Virus dapat menyebar dengan menggunakan otorisasi dari setiap user yang menggunakan otorisasi dari setiap user yang menggunakannya untuk menulari program-program mereka melalui proses penggandaan(duplikasi) yaitu,setiap program yang terinfeksi dapat juga bertindak sebagai virus.

3.    WORM
            Worm sangat mirip dengan virus, mereka bisa menggandakan salinan fungsional diri mereka sendiri dan dapat menyebabkan kerusakan jenis yang sama. Bedanya dengan virus, virus memerlukan penyebaran file host yang terinfeksi,sedangkan worm merupakan software yang mandiri dan tidak memerlukan program host atau bantuan manusia untuk menyebaran diri. Worm adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk mereplikasi dirinya sendiri tanpa interaksi dan campur tangan pengguna.
            Mereka menyebar dengan cara mengeksploitasi kelemahan pada sistem target atau menggunakan semacam social engineering untuk mengelabui pengguna agar mengeksekusi mereka. Worm masuk kedalam computer melalui celah(hole) dalam sistem dan memanfaatkan file-transportasi atau fitur transportasi informasi pada sistem, sehingga memungkinkan untuk menyebarkan diri secara mandiri. Worm menggunakan jaringan untuk mengirimkan replika dirinya ke jaringan atau node yang lain secara otomatis. Pada umumnya worm dapat membuat replika dirinya dalam volume besar dan menyebar dengan sangat cepat.
            Bisa dikatakan bahwa Worm adalah salah satu jenis malware yang menyebar secara otomatis, terlepas dari perilaku manusia dan dengan memanfaatkan bug pada aplikasi yang terhubung ke internet, seperti code red ,Nimda, Slammer, dan yang paling fenomenal adalah worm conficker.

4.     TROJAN HORSE
            Seperti pada kisah kuda troya pada perang troya, Trojan sesungguhnya adalah sebuah program yang sangat menipu dan membahayakan user, karena kemampuannya mereplikasi dirinya seperti layaknya sebuah program aplikasi yang sebenarnya. Bedanya dengan virus dan worm, Trojan tidak bisa langsung mereplikasi diri, tapi harus ada pemicu untuk mengaktifkannya. Pembuat Trojan menyisipkan kode pemicu dalam sebuah program.
            Trojan dirancang untuk melakukan berbagai hal yang membahayakan yaitu membuat file korup(sehingga tidak bisa di akses),menghapus data dan menginstal malware yang lainnya,seperti virus, worm, spyware dan backdoor. Backdoor adalah metode tersembunyi untuk mendapatkan remote akses ke computer atau sistem lainnya. Para hacker banyak menggunakan Trojan sebagai alat untuk menyusup ke dalam suatu system.

5.    Spyware
            Spyware merupakan jenis malware yang biasanya diinstal pada komputer pengguna secara diam-diam dan mengumpulkan berbagai informasi tentang pengguna. Kebanyakan informasi yang diambil seizin  adalah kebiasaan pengguna dalam menjelajahi internet, tapi banyak juga yang mencuri  data-data pribadi, seperti halnya alamat e-mail (untuk dikirimi banyak e-mail sampah atau dapat dikenal dengan spam).

Itulah tadi penjelasan dari nama-nama virus yang biasa menjangkiti komputer. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi bagi teman-teman. Semoga bermanfaat, Terimakasih.

Sumber : Majalah sahabat Pena edisi 422 thn 2009 hal 30-31
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar