Silabus
Kelas IV
Semester : 1 & 2
Mata
Pelajaran: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
AZ-ZAHRA
disc8
Silabus
Nama
Sekolah : SEKOLAH
DASAR (SD)
Mata
Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas : IV
Semester : 1
STANDAR
KOMPETENSI:
1. Memahami
sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Mengenal
lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.
|
Desa
|
· Menyimak
pemahaman desa menurut PP No. 72 tahun 2005 tentang Desa.
·
Menyebutkan
persyaratan yang harus dipenuhi untuk pembentukan desa.
·
Memahami
arti pembentukan, penggabungan, pemekaran, dan perubahan status desa.
|
Menjelaskan lingkungan desa.
|
Tugas
individu
|
· Penilaian
lisan
·
Penilaian
unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
|
Mengapa pemerintah desa dapat memanfaatkan kekayaan
desa sebagai dana penyelenggaraan pemerintah desa?
|
4 x 35 menit
|
· Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah
Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 1-10, 11-14, 15-16.
· Orang
tua.
· Teman.
·
Lingkungan
rumah (keluarga, sekolah, dst.).
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
· Mengenal pemerintahan desa (kepala desa dan BPD) dan
perangkat desa (sekretaris desa, sekretariat desa, pelaksana teknis lapangan,
dan unsur kewilayahan).
· Menyebutkan persyaratan dan cara pemilihan kepala desa.
·
Menyebutkan tugas, wewenang, dan kewajiban
kepala desa.
·
Mengetahui pertanggungjawaban kepala desa.
|
Menyebutkan perangkat desa.
|
|||||||
· Menyebutkan sumber-sumber keuangan desa.
|
Menyebutkan sumber keuangan desa
.
|
|||||||
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
Kelurahan.
|
·
Menyimak pemahaman kelurahan menurut PP No.
73 tahun 2005 tentang Kelurahan.
·
Menyebutkan persyaratan yang harus dipenuhi
untuk pembentukan kelurahan.
· Memahami arti pembentukan, penggabungan, dan pemekaran
kelurahan.
·
Mengidentifikasi perbedaan antara kelurahan
dan desa.
|
Menjelaskan lingkungan kelurahan.
|
·
Penilaian tulisan
·
Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
|
Mengumpulkan laporan dan
mencatat hasil diskusi: mengapa bantuan pihak ketiga atau sumber lain kepada
kelurahan harus bersifat tidak mengikat dan sah?
|
||||
· Mengenal lurah dan perangkat kelurahan (sekretaris
kelurahan, seksi-
|
Menyebutkan perangkat kelurahan.
|
|||||||
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
seksi, dan jabatan
fungsional).
|
||||||||
· Menyebutkan sumber-sumber keuangan kelurahan.
|
Menyebutkan sumber keuangan kelurahan.
|
|||||||
Kecamatan.
|
· Menyimak pemahaman tentang pengertian kecamatan.
· Mengenal camat dan perangkat kecamatan (sekretaris
camat dan seksi-seksi).
· Mengetahui tugas dan pertanggungjawaban camat.
· Mengetahui partner kerja sama camat (Danramil dan
Kapolsek)
|
Menjelaskan lingkungan
kecamatan dan menyebutkan perangkatnya.
|
·
Penilaian tulisan
·
Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
|
Mengumpulkan laporan dan
mencatat hasil diskusi: mengapa semua perangkat kecamatan bertanggung jawab
kepada camat? Mengapa camat mendapatkan gaji dari pemerintah?
|
||||
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.2.
Menggambarkan struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan.
|
Struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan.
|
· Mengamati gambar struktur pemerintahan desa, kelurahan,
dan kecamatan.
|
Memahami gambar
struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan.
|
2 x 35 menit
|
·
Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.)
hlm. 9, 13, 16.
·
Orang tua.
·
Teman.
· Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
______________________
NIP.
|
…..,
…..
Guru
Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
_______________________________
NIP.
|
Nama
Sekolah : SEKOLAH
DASAR (SD)
Mata
Pelajaran : PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
Kelas : IV
Semester :
1
STANDAR
KOMPETENSI:
2. Memahami
sistem pemerintahan kabupaten, kota,
dan provinsi.
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
2.1 Mengenal
lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi.
|
Pemerintah kabupaten/kota.
|
· Menyebutkan kepala daerah kabupaten/kota.
·
Mengenal perangkat daerah kabupaten/kota (sekretariat
daerah, dinas daerah, lembaga teknis daerah, kecamatan, dan kelurahan).
·
Menjelaskan cara pemilihan kepala daerah
kabupaten/kota dan pertanggungjawabannya.
|
Menjelaskan pemerintahan kabupaten/kota.
|
Tugas individu
|
·
Penilaian lisan
· Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan
pendapat)
|
Apa yang dimaksud dengan otonomi daerah?
|
4 x 35 menit
|
·
Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan
untuk SDr Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.)
hlm. 33-37, 38-41, 41-42.
·
Orang tua.
·
Teman.
· Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).
|
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
· Menyimak pemahaman tentang kewenangan pemerintah daerah
kabupaten/kota.
· Menyebutkan kewajiban daerah dalam penyelenggaraan
otonomi daerah.
|
Menyebutkan ewenangan
pemerintah kabupaten/kota.
|
||||||||
Pemerintah provinsi di Indonesia.
|
·
Mengenal pemerintahan provinsi (gubernur
dan DPRD) serta pertanggungjawabannya.
|
Menjelaskan pemerintahan provinsi.
|
|||||||
·
Menyimak pemahaman tentang kewenangan
daerah provinsi.
·
Menyebutkan tugas dan wewenang pemerintah
daerah serta kewajiban kepala daerah.
|
Menyebutkan kewenangan pemerintah provinsi.
|
||||||||
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
Dewan Perwakilan Rakyat
Daerah.
|
·
Memahami pengertian DPRD.
·
Mengetahui keanggotaan DPRD
·
Menyebutkan tugas, wewenang, hak, dan
kewajiban DPRD.
|
Memahami tugas, wewenang, hak, dan kewajiban DPRD.
|
· Penilaian
lisan
·
Penilaian
unjuk kerja (keberani-an untuk menyam-paikan pendapat)
|
Mengapa gubernur wajib
memegang teguh dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945?
|
|||||
2.2 Menggambarkan struktur organisasi kabupaten, kota, dan
provinsi.
|
Struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
|
· Mengamati gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota
dan provinsi.
|
Memahami gambar
struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
|
2 x 35 menit
|
· Buku paket PKn SD Kelas IV ESIS, karangan Dra. Dyah
Sriwilu-jeng, M.Pd.) hlm. 35, 40.
·
Orang tua.
·
Teman.
· Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).
|
||||
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
______________________
NIP.
|
…..,
…..
Guru
Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
_______________________________
NIP.
|
||||||||
Nama
Sekolah : SEKOLAH
DASAR (SD)
Mata
Pelajaran : PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
Kelas : IV
Semester : 2
STANDAR
KOMPETENSI:
3. Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
3.1 Mengenal
lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR,
DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK, dll.
|
Pengertian pemerintah.
|
· Menyimak pengertian pemerintah, pemerintahan, dan
sistem pemerintahan.
· Menyebutkan komponen-komponen pemerintahan (eksekutif,
legislatif, dan yudikatif.
·
Menyimak pemahaman tentang sistem
presidensial.
|
Menjelaskan pengertian
pemerintah dan sistem pemerintahan.
|
Tugas individu
|
·
Penilaian lisan
· Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan
pendapat)
|
Mengapa dalam suatu negara
harus ada pemerintahan?
|
4 x 35 menit
|
·
Buku
paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan
ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 57-59, 60-72.
·
Orang tua.
·
Teman.
· Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).
·
|
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
Komponen pemerintahan di Indonesia
|
·
Menyebutkan
lembaga-lembaga legislatif (MPR, DPR, dan DPD).
· Menjelaskan keanggotaan MPR, DPR, dan DPD.
· Menyebutkan tugas dan wewenang MPR, DPR, dan DPD.
|
Menjelaskan lembaga legislatif
|
Tugas individu
|
·
Penilaian lisan
· Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampai-kan
pendapat)
|
Bagaimana susunan keanggotaan dan kedudukannya?
Apa tugas dan wewenangnya?
|
||||
·
Menjelaskan pengertian lembaga eksekutif.
· Menyebutkan para pembantu presiden (wakil presiden dan
para menteri).
· Menyebutkan tugas dan wewenang presiden selaku kepala
negara.
· Menyebutkan
|
Menjelaskan lembaga eksekutif
|
Tugas kelompok
|
·
Penilaian lisan
· Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampa-ikan
penda-pat)
|
Apa arti lembaga
eksekutif?
Apa saja tugas-tugas
presiden?
|
|||||
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
tugas dan wewenang
presiden selaku kepala pemerintahan.
|
|||||||||
·
Menjelaskan pengertian lembaga yudikatif.
·
Menyebutkan tugas dan wewenang MA, Mahkamah
Konstitusi, dan Komisi Yudisial.
|
Menjelaskan lembaga yudikatif
|
Tugas kelom-pok
|
·
Penilaian lisan
· Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampai-kan
pendapat)
|
Mendiskusikan lembaga-lembaga (MA, MK, dan KY).
Apa tugas dan kewenangan
lembaga-lembaga tersebut?
|
|||||
·
Menjelaskan keanggotaan BPK.
· Menjelaskan tugas dan wewenang BPK.
|
Menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan
|
Tugas kelom-pok
|
·
Penilaian lisan
· Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampai-kan
pendapat)
|
Apa tugas BPK?
Kepada siapa hasil tugas
BPK diserahkan?
|
|||||
· Menjelaskan tugas dan wewenang KPU.
|
Menjelaskan Komisi Pemilihan Umum
|
||||||||
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
3.2 Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat,
seperti presiden, wakil presiden, dan para menteri.
|
Lembaga eksekutif
|
·
Menjelaskan pengertian lembaga eksekutif.
· Menyebutkan para pembantu presiden (wakil presiden dan para
menteri).
· Menyebutkan tugas dan wewenang presiden selaku kepala
negara.
· Menyebutkan tugas dan wewenang presiden selaku kepala
pemerintahan.
|
Memahami lembaga eksekutif (presiden).
|
||||||
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
______________________
NIP.
|
…..,
…..
Guru
Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
_______________________________
NIP.
|
Nama
Sekolah : SEKOLAH
DASAR (SD)
Mata
Pelajaran : PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
Kelas : IV
Semester : 2
STANDAR
KOMPETENSI:
4. Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
4.1 Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di
lingkungannya.
|
Arti dan sejarah
globalisasi.
|
·
Memahami manusia sebagai makhluk sosial
(hidup bersama dengan manusia lainnya).
·
Memahami arti globalisasi.
· Mengetahui sejarah globalisasi dan perkembangan-nya.
|
Menceritakan proses globalisasi.
|
Tugas individu
|
·
Penilaian lisan
· Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan
pendapat)
|
Mengapa globalisasi
terjadi?
|
4 x 35 menit
|
·
Buku
paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan
ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 85-90, 91-96,
97-98.
·
Orang tua.
·
Teman.
· Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).
|
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
Kita di tengah-tengah globalisasi
|
· Menceritakan pengaruh globalisasi pada makanan,
permainan, dan kebudayaan.
|
Menyebutkan pengaruh
globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
|
· Penilaian lisan (keberanian menyampaikan pendapat)
·
Penilaian tulisan
·
Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
|
Buatlah tabel mengenai
makanan impor apa saja yang digemari di Indonesia.
Mengapa permainan playstation atau game di komputer di Indonesia?
|
|||||
Sikap kita terhadap
globalisasi.
|
· Menjelaskan sikap kita terhadap pengaruh globalisasi.
|
Menjelaskan sikap
terhadap pengaruh globalisasi.
|
|||||||
4.2 Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah
ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional.
|
Kita di tengah-tengah globalisasi.
|
·
Menyebutkan contoh-contoh kebudayaan Indonesia
(tarian tradisional) dan asing.
·
Menampilkan dampak positif.
|
Menjelaskan globalisasi kebudayaan.
|
·
Penilaian tulisan
·
Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
|
Buatlah daftar mengenai
jenis budaya asing yang kini popular di Indonesia.
|
· Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra.
|
|||
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
globalisasi, seperti mengirimkan misi kebudayaan Indonesia ke
luar negeri
|
Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 95-96.
·
Orang tua.
·
Teman.
Lingkungan rumah
(keluarga, sekolah, dst.).
|
||||||||
4.3. Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi
yang terjadi di lingkungannya.
|
Sikap kita terhadap
globalisasi
|
·
Menyebutkan dampak negatif dan positif dari
globalisasi.
·
Menyebutkan contoh-contoh dampak (positif
dan negatif) globalisasi.
· Menentukan sikap kita terhadap pengaruh globalisasi.
|
Menjelaskan sikap kita
terhadap globalisasi.
|
·
Penilaian tulisan
·
Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
|
Mengisi kolom skala sikap.
|
· Buku paket (Buku PKn untuk Sekolah Dasar Kelas IV,
terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 97-98.
·
Orang tua.
·
Teman.
· Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).
|
|||
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
______________________
NIP.
|
…..,
…..
Guru
Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
_______________________________
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar