Rabu, 05 Desember 2012

Pengertian Profesi dan Ciri-ciri Profesi

Apakah Pengertian profesi.
Profesi adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian(expertise)dari para anggotanya.Artinya tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang yang tidak terlatih dan tidak disiapkan secara khusus untuk melakukan pekerjaan itu.
Apakah pengertian  professional.
Profesional menunjuk pada dua hal.
1.     Orang yang menyandang profesi,misalnya,”Dia seorang professional”.
2.    Penampilan seseorang dalam melakukan pekerjaannya yang sesuai dengan profesinya.Dalam pengertian kedua ini,istilah professional dikontraskan dengan “nonprofessional”atau “amatiran”.Dalam kegiatan sehari-hari seorang professional melakukan pekerjaan yang sesuai dengan ilmu yang dimilikinya.
Apakah pengertian profesionalisme.
Profesionalisme adalah komitmen para anggota suatu profesi untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya dan terus mengembangkan strategi-strategi yang digunakannya dalam melakukan pekerjaan yang sesuai dengan profesinya.
Apa yang dimaksud profesionalitas.
Profesionalitas adalah sikap para anggota profesi terhadap profesinya serta derajat pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki dalam rangka melakukan pekerjaannya.Jadi,seorang professional tidak akan mau mengerjakan sesuatu yang memang bukan bidangnya.Misalnya seorang dokter akan selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pasiennya.
Apakah pengertian  profesionalisasi.
Profesionalisasi,adalah proses peningkatan kualifikasi maupun kemampuan para anggota profesi dalam mencapai criteria yang standar dalam penampilannya sebagai suatu profesi.Profesionalisasi merupakan  proses yang dilakukan sepanjang masa(life long) dan tidak pernah berakhir(never ending),selam seseorang telah menyatakan dirinya sebagai warga suatu profesi.

Ciri-ciri profesi
Ciri-ciri suatu profesi menurut Robert W. Richey(1974) sebagai berikut:
1.     Seorang pekerja professional,secara relative memerlukan waktu yang panjang untuk mempelajari konsep-konsep serta prinsip-prinsip pengetahuan khusus yang mendukung kealiannya.
2.    Lebih mementingkan pelayanan kemanusiaan yang  ideal dari pada kepentingan pribadi.
3.    Memiliki kualifikasi tertentu untuk memasuki profesi tersebut serta mampu mengikuti perkembangan dalam pertumbuhan jabatan.
4.    Memiliki kode etik yang mengatur keanggotaan ,tingkah laku,sikap serta kerja.
5.    Membutuhkan sesuatu kegiatan intelektual yang tinggi.
6.    Adanya organisasi yang dapat meningkatkan standar pelayanan,disiplin diri dalam profesi,seta kesejahteraan anggotannya.
7.    Memberikan kesempatan untuk kemajuan,spesialisasi dan kemandirian.
8.    Memandang profesi sebagai suatu karier hidup (a live career)dan menjadi seorang anggota yang permanen.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar