Rabu, 04 Desember 2013
Pengertian Dan Konsep Kurikulum
A. Pengertian
Dan Konsep Kurikulum
Bagi banyak orang istilah
pendidikan sudah tidak asing lagi, terlebih bagi mereka yang kesehariannya
tidak lepas dari kegiatan belajar mengajar di sekolah sebagai wadah atau sarana
mendapatkan pengetahuan bagi mereka yang sedang bersekolah. Namun meskipun
demikian tidak banyak dari mereka yang mengetahui apa sebenarnya yang di maksud
dengan kurikulum itu. Seharusnya setiap guru menyadari dan mengetahui apa itu
kurikulum dan untuk apa adanya kurikulum tersebut, sebab tanpa mengetahui arti
dan maksud keberadaan kurikulum maka sulit bagi mereka mencapai tujuan yang
sebenarnya dari di adakannya kurikulum.Istilah kurikulum “curriculum” pada mulanya berasal dari
kata curir yang berarti “pelari” dan “curere” yang mengandung makna “tempat
terpacu”, yang pada awal mulanya kata tersebut di gunakan di dalam dunia
olahraga. Pada saat itu kurikulum diartikan sebagai jarak yang harus di tempuh
oleh seorang pelari mulai dari start sampai finish untuk memperoleh medali atau
penghargaan. Lantas kemudian, pengertian tersebut mengalami perluasan dan juga
di gunakan dalam dunia pendidikan yang kemudian menjadi sejumlah mata pelajaran
atau subject yang harus di tempuh oleh seorang siswa dari awal saat ia mulai
masuk sekolah hingga akhir program pembelajaran itu sendiri selesai guna
memperoleh penghargaan dalam bentuk ijazah. Dan ijazah itulah sebagai bukti
formal bahwa seseorang telah menyelesaikan suatu jenjang pendidikan.Pengertian kurikulum senantiasa
berkembang terus sejalan dengan perkembangan teori dan ukuran suatu pengertian
praktek pendidikan. Dengan beragamnya pendapat mengenai pengertian kurikulum
maka secara teoritis kita agak sulit menentukan suatu pengertian yang dapat
merangkum sebuah pendapat. Sedangkan konsep kurikulum meliputi:1.
Sebagai
substansi, yang di pandang sebagai rencana pembelajaran bagi siswa atau
seperangkat tujuan yang ingin di capai.
2.
Sebagai
system, merupakan bagian dari system persekolahan, pendidikan, dan bahkan
masyarakat.
3.
Sebagai
bidang studi, merupakan kajian para ahli kurikulum yang bertujuan untuk
mengembangkan ilmu tentang kurikulum dan system kurikulum.
(Latifatul
Muzamiroh :2013 Hal 13 -16 )
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar