Rabu, 04 Desember 2013

Pengertian Dan Konsep Kurikulum

A.  Pengertian Dan Konsep Kurikulum
Bagi banyak orang istilah pendidikan sudah tidak asing lagi, terlebih bagi mereka yang kesehariannya tidak lepas dari kegiatan belajar mengajar di sekolah sebagai wadah atau sarana mendapatkan pengetahuan bagi mereka yang sedang bersekolah. Namun meskipun demikian tidak banyak dari mereka yang mengetahui apa sebenarnya yang di maksud dengan kurikulum itu. Seharusnya setiap guru menyadari dan mengetahui apa itu kurikulum dan untuk apa adanya kurikulum tersebut, sebab tanpa mengetahui arti dan maksud keberadaan kurikulum maka sulit bagi mereka mencapai tujuan yang sebenarnya dari di adakannya kurikulum.Istilah kurikulum “curriculum” pada mulanya berasal dari kata curir yang berarti “pelari” dan “curere” yang mengandung makna “tempat terpacu”, yang pada awal mulanya kata tersebut di gunakan di dalam dunia olahraga. Pada saat itu kurikulum diartikan sebagai jarak yang harus di tempuh oleh seorang pelari mulai dari start sampai finish untuk memperoleh medali atau penghargaan. Lantas kemudian, pengertian tersebut mengalami perluasan dan juga di gunakan dalam dunia pendidikan yang kemudian menjadi sejumlah mata pelajaran atau subject yang harus di tempuh oleh seorang siswa dari awal saat ia mulai masuk sekolah hingga akhir program pembelajaran itu sendiri selesai guna memperoleh penghargaan dalam bentuk ijazah. Dan ijazah itulah sebagai bukti formal bahwa seseorang telah menyelesaikan suatu jenjang pendidikan.Pengertian kurikulum senantiasa berkembang terus sejalan dengan perkembangan teori dan ukuran suatu pengertian praktek pendidikan. Dengan beragamnya pendapat mengenai pengertian kurikulum maka secara teoritis kita agak sulit menentukan suatu pengertian yang dapat merangkum sebuah pendapat. Sedangkan konsep kurikulum meliputi:1.    Sebagai substansi, yang di pandang sebagai rencana pembelajaran bagi siswa atau seperangkat tujuan yang ingin di capai.
2.    Sebagai system, merupakan bagian dari system persekolahan, pendidikan, dan bahkan masyarakat.
3.    Sebagai bidang studi, merupakan kajian para ahli kurikulum yang bertujuan untuk mengembangkan ilmu tentang kurikulum dan system kurikulum.
(Latifatul Muzamiroh :2013 Hal 13 -16 ) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar