Ict.
Soal:
1. Seberapa pentingkah media pembelajaran dibutuhkan
dalam proses pembelajaran ?
2. Media seperti
apakah yang paling ideal digunakan dalam pembelajaran ?
3. Media apa yang dibutuhkan agar pembelajaran yang
dilakukan siswa dapat berlangsung tanpa dibatasi ruang dan waktu.?
Jawab :
1. Sangat penting,
hal ini disebabkan karena perkembangan zaman yang
sangat pesat. Yang juga berdampak kepada dunia pendidikan. Mau tidak mau
pendidik (guru), dan pelajar (siswa) harus dapat menyesuaikan diri dalam
perkembangan zaman tersebut. Media pembelajaran
menjadi jembatan bagi guru untuk memberikan pengalaman pada siswa dalam
proses pembelajaran yang tujuannya memudahkan siswa dalam menangkap pelajaran.
Berikut pemaparannya:
Kemajuan teknologi dan informasi merupakan sebuah kenyataan perkembangan
peradaban dunia yang memberikan banyak akses bagi terjadinya perubahan pola
kehidupan masyarakat dalam berbagai bidang. Kondisi tersebut, turut pula
menjadi pemicu bagi upaya-upaya perubahan dalam sistem pembelajaran atau
pendidikan. Yakni upaya untuk melepaskan dunia pendidikan dari kungkungan model
pembelajaran konvensional yang cenderung memaksa anak didik untuk mengikuti
pembelajaran yang semakin hari semakin tidak menarik dan membosankan.
Menurut Paulo Fraire, sekolah tidak lebih merupakan bangunan tembok
penjara yang menjerat penghuninya (para siswa) untuk senantiasa mengikuti dan
menerima dengan patuh semua ajaran yang terdapat di dalamnya.
Senada dengan maksud Freire, Neil Postman, seorang filosof dan pakar pendidikan, mencemaskan pola kehidupan lembaga-lembaga pendidikan
yang dianggapnya semakin teralienasi dari kultur dan kemajuan masyarakat yang
kian dinamis, sehingga ia sampai kepada taraf asumtif bahwa nilai-nilai
pendidikan sekarang telah mengalami kematian (stagnan).
Oleh karenanya, dunia pendidikan senantiasa dituntut untuk terus-menerus mengikuti
alur perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi yang kian berkembang pesat, karena pendidikan yang tetap
berkutat pada instruksional kurikulum yang kaku hanya akan menjadikan peserta
didik gagap terhadap realita kemajuan
teknologi yang semakin tak terbendung.
Dengan pemanfaatan teknologi di dalam dunia
pendidikan, diharapkan akan mampu menggeser sifat pendidikan yang
cenderung introvet (tertutup)
menjadi ekstrovet (terbuka) dan
lebih proaktif, sehingga akan semakin memberdayakan proses belajar mengajar
menjadi lebih kreatif dan kompetitif.
Sudjana, dkk. (2002:2) menyatakan tentang tujuan pemanfaatan media
adalah:
(1) Pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga
dapat menimbulkan motivasi,
(2) Bahan pelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga
dapat lebih dipahami,
(3) Metode mengajar akan lebih bervariasi, dan
(4) Siswa akan lebih banyak melakukan kegiatan belajar.
Jadi dapat disimpulkan bahwa tujuan penggunaan media
adalah (1) efektivitas dan efisiensi dalam kegiatan belajar mengajar, (2)
meningkatkan motivasi belajar siswa, (3) variasi metode pembelajaran, dan (4)
peningkatan aktivasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
Sumber: http://mediaedukasi.com
Senin,18 februari 2013
Pukul : 08 .00
2. Media yang ideal digunakan dalam pembelajaran itu
sendiri adalah sebaiknya guru disini harus dapat melihat. Bahwa media yang
digunakan dalam proses pembelajaran harus sesuai dengan mata pelajarannya itu
sendiri, melihat kelas berapa siswa yang akan belajar menggunakan media
tersebut. Semakin sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pembelajaran maka media
tersebut disebut ideal bagi proses pembelajaran.
Berikut pemaparannya:
Prof Ely [1982], menyatakan bahwa untuk memilih media seyogyanya tidak terlepas
dari konteksnya, dalam arti media sebagai komponen sistem instruksional secara
keseluruhan. Maka menurutnya, meskipun tujuan dan isinya su dah diketahui,
tetapi faktor lain dalam proses pembelajaran perlu dipertimbangkan, agar proses pembelajaran dapat mencapai tujuan dengan baik,
seperti :
a] karakteristik pembelajar
b] strategi belajar mengajar
c] organisasi kelompok belajar
d] alokasi waktu
e] sumber belajar
f] prosedur penilaian perlu dipertimbangkan.
Memilih dan Menggunakan Media pembelajaran Setiap pengajar tidak cukup hanya memiliki pengetahuan
tentang kemediaan saja, tetapi harus memiliki keterampilan untuk memilih dan
menggunakan media dengan baik dalam suatu proses pembelajaran dan sesuai dengan
kriteria-kriteria tertentu. Maka, kriteria-kriteria pemilihan tersebut antara
lain, sebagai berikut :
1] Tujuan pengajaran
2] Bahan pelajaran
3] Metode mengajar
4] Tersedianya alat yang dibu-tuhkan
5] Jalannya pelajaran
6] Penilaian hasil belajar
7] Pribadi pengajar
8] Minat dan kemampuan pem-belajar
9] Situasi pengajaran yang sedang berlangsung
Dick dan Carey [1978], me-nyebutkan bahwa di samping kese-suaian dengan tujuan
pembelajaran, masih ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan dalam memilih
media, yaitu : Pertama, tersedia sumber setempat, artinya apabila media
tersebut tidak tersedia, maka harus dibeli atau dibuat sendiri. Kedua, apakah
tersedianya dana, tenaga, dan fasilitas Ketiga, kepraktisan dan ketahanan media
untuk jangka waktu yang lama, artinya dapat digunakan dalam kondisi apapun dan
waktu kapanpun, serta mudah dibawa ke mana-mana sesuai dengan keperluan.
Keempat, adalah faktor efektivitas dan efesiensi biaya, apabila dimanfaatkan
untuk jangka waktu yang relatif lama.
Dari keterangan di atas, terlihat bahwa antara media
pembelajaran dengan faktor-faktor pengajaran lainnya sangat erat hubungannya
dan interdependensi antara satu faktor dengan faktor yang lainnya dalam proses
pembelajaran. Artinya, masing-masing komponen tersebut tidak terpisah, tapi
menyatu satu dengan yang lain. Tetapi selain hal-hal tersebut di atas, ada juga
komponen lain yang perlu dan harus diperhatikan pada saat memilih dan
menggunakan media, yaitu :
1] Daya jangkauan, terhadap pengajaran individual,
pengajaran kelompok, dan pengajaran masal.
2] Keluwesan pakai, yaitu kapan media tersebut akan
digunakan, di mana akan digunakan dan audiennya siapa.
3] Ketergantungan, artinya media yang digunakan juga
tergantung pada sarana dan fasilitas yang lain.
4] Kendali, siapa yang akan mengendalikan media
tersebut?
5] Atribut, artinya kualitas hasil media yang
digunakan dalam proses belajar?
6] Biaya, artinya media yang digunakan mahal atau murah dan juga daya tahannya?
6] Biaya, artinya media yang digunakan mahal atau murah dan juga daya tahannya?
Senin,18
februari 2013
Pukul :
11.00
3. Agar pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan
efisien dibutuhkan media pembelajaran.
Adapun media pembelajaran yang tepat digunakan siswa tanpa ada batas
ruang dan waktu yaitu media internet. Dengan penggunaan internet dalam dunia
pendidikan ini. Semua orang sudah sangat mudah mamperoleh informasi. Kapanpun
kita dapat membuka internet dan mencari apapun informasi yang kita butuhkan.
Dimanapun kita berada kita bisa mendapatkan informasi dari tempat manapun.
Termasuk juga kita bisa memberikan informasi kepada semua orang dimanapun mereka
berada. Adapun contohnya adalah guru memberikan tugas melalui email dan
menyuruh siswa mengirimkan tugasnya lewat emai.Hal ini menandakan bahwa
pembelajaran bisa dilakukan kapanpun dimanapun dengan pemanfaatan media
teknologi dalam hal ini internet.
Berikut pemaparannya:
Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Media
Pembelajaran
Hakikat
dari proses belajar mengajar adalah proses komunikasi yaitu penyampaian
informasi dari sumber informasi melalui media tertentu kepada penerima
informasi. Berdasarkan hal tersebut, salah satu faktor kegagalan pembelajaran
adalah adanya berbagai jenis hambatan dalan proses komunikasi antara siswa dan
guru. Berbagai hambatan ini dapat berupa hambatan fisiologis, psikologis,
kultural dan lingkungan (khoe, 2000
: 117). Keempat jenis hambatan itu, baik yang berasal dari guru maupun siswa,
membuat komunikasi belajar mengajar tidak berjalan secara efektif dan efisien.
Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan
penggunaan media pembelajaran, termasuk diantaranya teknologi informasi.
Pemanfaatan teknologi informasi sebagai media pembelajaran dapat melalui
pemanfaatan internet dalam
e-learning maupun penggunaan komputer sebagai media interaktif.
Diharapkan dengan pemanfaatan media ini dapat merangsang pikiran, perasaan,
minat, serta perhatian siswa sedemikan rupa sehingga proses pembelajaran dapat
terjadi. Para peneliti menemukan bahwa ada berbagai cara siswa dalam memproses
informasi yang bersifat unik. Sebagian lebih mudah memproses informasi visual,
sebain lain lebih mudah kalau ada suara (auditorial), dan sebagian lain akan
memahami dengan mudah atau lebih baik jika melakukannya dengan sentuhan/praktek
(kinestetik).
(Bobbi DePorter&Mike Hernacki :
1992). Efektifitas belajar sangat dipengaruhi gaya belajar dan bagaimana cara
belajar belajar. Bobbi DePorter (1999) mengatakan 10% informasi diserap dari
apa yang kita baca, 20% dari apa yang kita dengar, 30% dari apa yang kita
lihat,50% dari apa yang kita lihat dan dengar, 70% dari apa yang kita katakan,
90% dari apa yang kita katakan dan lakukan.
Sesuai dengan hal-hal tersebut di atas komputer memenuhi
persyaratan-persyaratan sebagai media karena terkait dengan atau adanya
kemampuan yang terkait dengan:
(1)
video,(2) audio, (3) teks, (4) grafik dan (5) animasi seperti yang
dikemukan para peneliti di atas.
Minggu,17 februari 2013
Pukul :09.00
Tidak ada komentar:
Posting Komentar